MENJADI SAKSI YESUS (1)

Sejak kita memperingati hari Pentakosta atau hari pencurahan Roh Kudus, pesan yang sangat .. sangat .. sangat kuat dan yang Tuhan terus katakan kepada saya untuk terus kita renungkan bersama-sama, adalah: Tuhan mau kita semua menjadi SAKSI YESUS!

Kis 1:8, “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

• Yerusalem, bisa diartikan di antara keluarga
• Yudea, bisa diartikan di antara orang-orang yang seiman atau orang-orang yang sebangsa dengan kita
• Samaria, bisa diartikan di antara orang-orang yang bukan seiman atau bangsa-bangsa lain.

“Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” Amin!

Sebelum Roh Kudus pertama kali dicurahkan, Tuhan Yesus pernah memberikan janji Bapa kepada murid-murid-Nya, yaitu menjelang Dia naik ke sorga. Lalu 120 murid-murid Tuhan berkumpul di ‘upper-room’ di Yerusalem, bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dan 10 hari setelah kenaikan Tuhan Yesus ke sorga, janji Bapa tentang pencurahan Roh Kudus demi memberikan mereka kuasa untuk menjadi saksi Yesus itu turun!


MENJADI SAKSI YESUS ITU ARTINYA ...

I. Dibersihkan Dan Diarahkan oleh Roh Kudus
Pada waktu itu ada 2 manifestasi dari Roh Kudus, yaitu:
• Dalam rupa “Angin”
Terdengar seperti tiupan angin yang keras dan mereka mungkin merasakan angin yang berputar-putar di ruangan itu.
• Dalam rupa “Api”
“Lidah-lidah seperti nyala api” turun dan hinggap di atas kepala masing-masing.

Saudara, melalui kedua manisfestasi ini Roh Kudus dicurahkan dan memberikan mereka kuasa untuk menjadi saksi Yesus dan hari-hari ini “Api” itu sedang turun untuk membakar semua kotoran-kotoran yang tidak benar di dalam hidup kita. Saya percaya untuk menjadi saksi Yesus maka segala yang tidak benar akan diungkapkan. Dan hari-hari ini bahwa Tuhan sedang membersihkan gereja-Nya.
Semua hal tersembunyi yang dilakukan oleh hamba-hamba Tuhan dan gereja-gereja, hari-hari ini akan diungkapkan oleh Tuhan untuk dibersihkan, selanjutnya kita semua akan menjadi saksiNya – sebab kedatanganNya sudah amat sangat, sangat ... sangat singkat!
Setelah “Api” Roh Kudus membakar yang tidak benar, maka “Angin” akan mengarahkan kita. Selama yang tidak benar-tidak benar dalam diri kita belum dikeluarkan dan dibakar oleh “Api” Roh Kudus maka kita sulit mamahami arahan-arahan Tuhan dan kita sulit untuk diarahankan. Tetapi begitu kita selesai dibersihkan, maka Roh Kudus akan mengarahkan kita, dan saat itu kita akan berkata, “Amin Tuhan ... Amin ... saya mau berjalan sesuai kehendak-Mu!” dan menjadi saksi Yesus yang luar biasa. Haleluya!

II. Melakukan Pekerjaan Yesus
Kita akan melakukan pekerjaan-pekerjaan atau pelayanan-pelayanan seperti yang Tuhan Yesus lakukan pada saat berada di bumi ini. Apa yang dilakukan oleh Tuhan Yesus?
Pada waktu Yohanes Pembaptis berada dalam penjara, dia mengutus muridnya datang kepada Tuhan Yesus untuk bertanya satu hal, yaitu “Apakah Engkau orang yang kami tunggu? Atau kami harus menunggu orang lain lagi.” Jadi mereka bertanya apakah yang mereka tunggu itu adalah Tuhan Yesus ataukah masih ada orang lain lagi? Tuhan Yesus tidak menjawab “Ya” atau “Tidak”, tetapi Dia hanya menjawab, “Katakan kepada Yohanes Pembaptis, apa yang kamu lihat dan apa yang kamu dengar. Orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir. Orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik”. Haleluya!

Dari jawaban tersebut, tahulah Yohanes Pembaptis , bahwa itu adalah Tuhan Yesus yang selama ini dinanti-nantikan. Pelayanan Tuhan Yesus yang seperti itulah yang hari-hari ini harus Saudara dan saya lakukan. Mungkin Saudara bertanya-tanya, “Apakah benar yang buta melihat, yang lumpuh berjalan dan sayalah yang disuruh?”
Sejak 4 tahun yang lalu Tuhan memberikan satu pelayanan yang baru untuk gereja ini, yaitu pelayanan “Healing”. Sampai saat ini,dalam 147 KKR yang kita adakan di berbagai tempat, saya melihat ribuan orang disembuhkan; yang buta melihat, yang lumpuh berjalan dan sebagainya.
Saya jadi berpikir dan berkata kepada Tuhan, “Tuhan, terima kasih kalau kami boleh diberikan pelayanan ini sehingga saya, ... katakanlah dalam berkotbah itu menjadi ‘lebih mudah’ ketimbang gereja yang belum mengalami seperti ini”.

Maafkan saya, ini bukanlah suatu kesombongan, tetapi ini untuk membuka pikiran kita bahwa betapa sulitnya bagi pendeta untuk menyampaikan tentang hal ini kalau belum pernah mengalaminya, padahal ini adalah firman Tuhan. Padahal inilah yang Tuhan mau bagi umat yang percaya kepada-Nya, supaya dapat melakukan hal ini. Oleh sebab itu, kita patut bersyukur.
Tuhan berjanji: “Kalau engkau percaya kepada-Ku, maka engkau akan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan bahkan yang lebih besar daripada itu!”
Melihat banyak hal-hal yang luar biasa akhir-akhir ini, kadang-kadang saya datang kepada Tuhan, “Tuhan, luar biasa loh Tuhan apa yang sekarang sedang dikerjakan. Tuhan luar biasa!” Tetapi tahukah Saudara apa jawab Tuhan? Tuhan hanya berkata, “Yang kamu lihat itu baru permulaannya saja. Kamu akan melihat sebentar lagi bukan 1 – 2 orang yang Aku pakai untuk melakukan itu, tetapi banyak orang!” dan itu artinya Saudara semua yang percaya yang akan melakukan hal ini!

Dalam KKR di Lampung beberapa hari yang lalu, yang luar biasa adalah :
• Menurut laporan kepolisian tidak pernah orang berkumpul sebanyak ini, meskipun ada konser musik dari group-group band yang terkenal.
• Tidak ada huru-hara
• Tidak ada motor yang hilang

Ada beberapa kesaksian dari KKR di Lampung beberapa hari yang lalu, yaitu sbb :
• Ada seorang bapak yang naik dan bersaksi bahwa tadinya dia adalah seorang yang terkena ‘stroke’ hingga tidak bisa mengangkat tangan dan tidak bisa melakukan apa-apa, tetapi hari itu ia disembuhkan Tuhan sehingga tangan dan kakinya tiba-tiba bisa digerakkan lagi! Namun yang luar biasa, tiba-tiba ketua panitianya berlari sambil menangis, mendatangi bapak itu serta langsung memeluknya. Ketika ditanya ada apa sebenarnya, ia menjawab bahwa bapak yang disembuhkan itu ternyata dulunya adalah guru agama Katoliknya!
• Ada seorang ibu yang sudah 20 tahun mata sebelah kanannya tidak bisa melihat sama sekali. Pada malam pertama dia mulai bisa melihat secara “remang-remang”, tetapi pada hari keduanya, tiba-tiba matanya menjadi terang 100%, dan ia naik ke atas panggung serta berkata, “Tuhan Yesus yang sembuhkan!” Haleluya!!!
• Ada seorang bapak yang sedang berjalan-jalan dengan anaknya, kemudian dia melihat ada ‘ramai-ramai’. Lalu ia memutuskan untuk datang menghampiri. Bapak ini bukanlah seorang yang percaya dan setelah ia masuk ke tengah-tengah kerumunan orang banyak itu, apa yang terjadi? Ternyata bapak itu memang sedang sakit dan malam itu ia juga disembuhkan Tuhan Yesus! Haleluya!

Pada waktu itu saya berkata, “Tuhan, orang yang sedang berjalan-jalan saja dan ‘kesasar’ Engkau sembuhkan, apalagi Saudara semua!”
Hari-hari ini Tuhan sedang mendemonstrasikan kasih dan kuasa-Nya! Kalau dulu, di tempat-tempat yang seperti itu mereka akan berkata, “Untuk apa menjadi orang Kristen? Bukankah orang-orang Kristen itu orang-orang yang melarat dan susah serta tidak ada kuasanya?” Dan sepertinya mereka bertanya apa yang bisa ‘ditawarkan’ kepada mereka dari kekristenan itu?
Dan bukan hanya orang yang non Kristen saja yang berkata seperti itu, karena orang Kristen sendiri pun berpendapat sama. Tetapi sekarang telah berubah karena kasih dan kuasa Tuhan tetap dari dulu, sekarang dan selama-lamanya. Kasih dan kuasa Tuhan tetap ada! Haleluya!!!

Saya lebih diyakinkan pada waktu 4 tahun yang lalu ketika saya menerima nubuatan dari Chuck Pierce di mana saya diberikan lukisan anak kunci. Jadi ketika itu, seorang nabi Tuhan yang bernama Chuck Pierce memberikan lukisan anak kunci kepada saya dan saya menerimanya. Lalu ia berkata, “Tuhan berkata, Anda sedang memegang kunci penuaian untuk bangsa ini. Penuaian akan terjadi melalui ‘healing movement’ dengan cara yang baru!”
Dan sekarang saya melihat sendiri bagaimana itu terjadi dan lebih daripada itu penuaian jiwa juga terjadi dengan luar biasa! Haleluya!!!

Saya mau beritahu satu hal kepada Saudara, yaitu saya ini sebagai pembuka jalannya tetapi Saudara-saudara semua-lah yang akan dipakai setelah ini. Amin!

Saudara mungkin bertanya apa yang menjadi rahasia Tuhan Yesus sehingga Dia bisa membuat orang buta melihat, yang tuli mendengar, yang lumpuh berjalan, dan sebagainya.
Ternyata rahasianya adalah seperti yang tertulis dalam Kis 10:38 yang berkata sbb, “... yaitu tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia.”

Rahasianya adalah: Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa
Kata kuncinya adalah: Pengurapan! Kalau Saudara diurapi, maka Saudara akan mampu melakukan hal-hal yang supranatural!
Setelah itu dikatakan bahwa, ... Tuhan Yesus berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia.
Seperti apa yang Tuhan Yesus lakukan ini, maka kita pun akan melakukan hal yang sama. Amin! Saudara harus pegang ini! Sebab menjadi anak-anak Tuhan bukanlah orang-orang yang lemah yang selalu berkata, “Saya tidak bisa apa-apa ...” Siapa yang bilang? Hari ini saya harus lebih meyakinkan Saudara, memberitakan serta mengimpartasikan pengurapan sehingga Saudara akan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh Tuhan Yesus pada waktu Dia masih di bumi ini. Amin! Mungkin ada banyak yang berkata, “Oh kalau ini tidak mungkin bisa disembuhkan. Yang ini tidak mungkin diselesaikan ... tidak mungkin. Lupakan saja! Kalau yang ini terima saja ... karena tidak mungkin bisa berubah”.

Saya mau beritahu Saudara, Tuhan Yesus berkata, “Akulah kebangkitan dan hidup, barangsiapa percaya kepada-Ku, dia akan hidup walaupun dia sudah mati!”
Mati disini artinya tidak ada pengharapan. Tetapi di hadapan Tuhan Yesus hari ini ubahlah paradigma pemikiran kita. Kalau selama ini kita berkata “Ini tidak mungkin ... ini tidak mungkin!” Tidak demikian! Sebab di hadapan Tuhan Yesus tidak ada yang tidak mungkin! Semuanya mungkin dan tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya kepada-Nya! Amin!

III. Berbuah
Yoh 15:16 berkata, “Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.”

Saya mau bertanya, apakah Saudara mau supaya apa saja yang Saudara minta kepada Bapa di dalam nama Yesus, dikabulkan-Nya? Kalau Saudara mau supaya apa saja yang Saudara minta kepada Bapa dalam nama Yesus dikabulkan, maka sebagai saksi Yesus kita harus lakukan hal ini, yaitu: Pergi dan Menghasilkan Buah!

1. Pergi, artinya:
a. Menjadikan semua bangsa murid Yesus!
b. Berdampaklah terhadap lingkungan kita!
Yer 29:7 “Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang (tinggal), dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.” Kalau kita mau tempat tinggal kita menjadi sejahtera, maka yang harus kita lakukan adalah :
• Usahakan kesejahteraan kota itu
• Doakan kota itu
c. Penuhi dunia usaha (market-place) dengan prinsip-prinsip Kerajaan Allah!
Saya percaya di dalam Kerajaan Allah tidak ada korupsi, kolusi dan nepotisme, ‘sikut-sikutan’, dsb. Bawalah prinsip-prinsip Kerajaan Allah ke dalam ‘market-place’, jangan malah sebaliknya; kita yang menjadi ‘dedengkot’-nya untuk masalah-masalah dalam ‘market-place’ tersebut.

(BERSAMBUNG...)

(oleh Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo)

Tidak ada komentar:

Translate