SHARING COOL DAN SAAT TEDUH

SHARING SUPPLEMENT COOL
DESEMBER 2011 – MINGGU #1


BERSIAP DALAM PEPERANGAN ROHANI!


Jika kita ingin melihat pertobatan satu bangsa seperti halnya pada saat jaman nabi Elia, maka salah satu kunci yang disampaikan oleh TUHAN melalui Gembala Sidang / Pembina kita adalah “menantang nabi-nabi baal”, dengan kata lain kita harus melakukan peperangan rohani. Apakah yang dimaksud dengan peperangan rohani? Apakah sama seperti peperangan pada saat para pahlawan merebut kemerdekan? Tentunya berbeda. Mengenai peperangan rohani, Firman TUHAN berkata :

“Karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.” ~ Efesus 6:12

Sederhananya, peperangan rohani adalah peperangan yang kita lakukan didalam menghadapi iblis dan antek-anteknya yang selama ini menguasai suatu wilayah atau mengikat orang-orang di suatu wilayah tertentu sehingga mereka menjadi ‘buta’ dan ‘tuli’ secara rohani. Dengan melakukan peperangan rohani, kita sedang membersihkan ‘atmosfir rohani’ satu wilayah, sehingga terang KRISTUS bercahaya dan jiwa-jiwa mengalami perjuampaan dengan TUHAN YESUS.

Mungkin sebagaian Bapak/Ibu berpikir, “Ohh..ini kan tugasnya pendeta dan para pengerja, bukan saya..., saya mah jemaat”. Ini waktunya jemaat COOL bangkit dan menjadi pasukan doa yang diurapi dan dipakai TUHAN luar biasa. Mau-tidak mau, siap-tidak siap, sadar-tidak sadar keseharian kita selalu diperhadapkan pada peperangan rohani, karena iblis selalu berusaha untuk mencuri, membunuh, serta membinasakan umat percaya. Itu sebabnya kita semua harus masuk didalam peperangan rohani. Beberapa hal yang perlu kita perhatikan didalam peperangan rohani :

1. Persiapan dalam peperangan rohani.

a. Berpegang teguh pada janji TUHAN dan Firman TUHAN (Ef 6:10).

Jangan takut untuk masuk dalam peperangan rohani! Beberapa janji TUHAN yang harus kita pegang agar kita kuat dalam peperangan rohani:
o Markus 16:17 “Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,...”
o 1 Yoh 4:4 “Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.”
o Yakobus 4:7 “Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!”



o Roma 8:37-39 “Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita. Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.”


b. Mengenakan Selengkap senjata ALLAH (Efesus 6:11; 13-18).

Perlengkapan senjata ALLAH adalah senjata yang diberikan kepada kita untuk mempertahankan diri dan untuk menyerang. Karenanya senjata harus diambil sebelum hari peperangan, sehingga ketika serangan dan godaan datang, kita mampu berdiri dan tidak dapat disergap tanpa persiapan. Kenakanlah senjata ALLAH tersebut dengan lengkap.

Diskusi :
Siapkah saudara menghadapi peperangan rohani? Sharingkan kendala-kendala yang anda hadapi dan temukan jawabannya dalam kelompok.


2. Cara peperangan rohani.

Dalam peperangan rohani, cara peperangannya juga tentunya secara rohani. Ada tiga cara peperangan rohani yang dapat kita lakukan dalam kelompok COOL :
• Doa, Pujian dan Penyembahan : mengubah atmosfir rohani disekitar kita.
• Kubu Doa : kelompok doa yang terdiri dari 3-4 orang disetiap wilayah.
• Doa Keliling : berdoa sambil mengelilingi area yang menjadi target doa kita (bisa area dimana COOL berada atau area yang rencananya akan dibuka COOL yang baru.

Proyek Ketaatan:
Sudahkah COOL anda melakukan peperangan rohani (Kubu Doa dan Doa Keliling)? Buatlah komitmen dan rencana bersama anggota COOL untuk mempraktekkan peperangan rohani ini. Mulailah dengan pokok doa berikut: agar jiwa-jiwa yang membutuhkan TUHAN dan Mujizat-Nya dapat datang dalam acara KKR Healing Movement di Gelora Bung Karno tanggal 24 Desember 2011. Jika ada kenalan, sanak saudara yang TUHAN taruh dalam hatimu untuk anda ajak, doakan orang tersebut agar hatinya dijamah TUHAN dan ia mau datang bersama dengan anda.


3. Pasca Peperangan Rohani.

“...supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.“ (Efesus 6:13)

Pemenang dalam sebuah pertempuran adalah mereka yang tetap berdiri setelah pertempuran berakhir. Untuk itu kita harus tetap waspada dan berjaga-jaga, karena musuh masih bisa menyerang kembali (Lukas 4:13), lagi pula seringkali kemenangan bisa membuat orang terlena. Ingat yang dialami oleh Daud? Setelah mengalami kemenagan lepas kemenangan, Daud terlena. Disaat musim berperang dimana raja-raja maju berperang, Daud ada di atas sotoh istananya. Disanalah Daud mulai tergoda dan jatuh dalam dosa perzinahan (2 Sam 11-12).

Diskusi :
Bagaimana cara kita untuk terus waspada dan berjaga-jaga? Mulailah mengatur anggota-anggota COOL untuk membentuk partner doa (2-3 orang) agar mereka bisa saling mendoakan.

Mari kita bersiap dalam peperangan rohani dan menuai jiwa-jiwa bagi KRISTUS! [DL/2011]

Tidak ada komentar:

Translate