NAIK KE LEVEL YANG LEBIH TINGGI

Tujuh Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Bisa Naik Ke Level Yang Lebih Tinggi
1.       Kita harus memiliki hati yang murni (Matius 5:8, Amsal 4:23)
Agar memiliki hati yang murni, ada hal-hal yang harus kita pastikan tidak ada dalam hidup kita, yaitu:
a.       Perbuatan-perbuatan Daging
Sebab segala perbuatan daging seperti yang tertulis dalam Galatia 5:19-21 itu akan membuat hati kita kotor.
b.      Ambisi Pribadi
Ambisi itu memang konotasinya agak negatif. Ambisi yang benar adalah yang sama dengan tujuan dan rancangan Tuhan atas kita, bukan merupakan konsep/buah pikiran manusia.
c.       Motivasi Tertentu
Marilah kita selalu menguji hati kita di hadapan Tuhan; apa yang sebenarnya mendasari sikap, perkataan, keputusan, pilihan-pilihan kita selama ini.
d.      Rasa Takut Melakukan Hal-Hal Baru Berdasarkan Paradigma Baru
Kadang-kadang kita merasa takut untuk melakukan paradigm yang baru padahal Tuhan menghendaki kita melakukan itu.
e.      Rasa Tertolak
Sebab perasaan tertolak akan membuat hati kita menjadi tidak murni.
f.        Kebenaran Diri Sendiri
Artinya, selalu merasa bahwa dalam segala hal hanya pendapat dan pendiriannya sendiri yang paling benar.
g.       Mementingkan Diri Sendiri
Dikuasai oleh kecenderungan hati untuk menaruh kepentingan, kehendak, tujuan pribadi di atas kepentingan semua orang.
h.      Perasaan Iri Hati
Orang yang iri hati biasanya berkelakuan aneh-aneh. Jangan marah kepada orang itu. Mengapa? Kalau ada orang yang iri hati kepada Saudara, itu artinya Saudara lebih tinggi daripada orang itu. Karena orang hanya iri hati kepada orang yang lebih daripada dirinya. Biasanya orang tidak suka mengakui,”Kamu lebih daripada saya” dan yang keluar adalah fitnahan dan gossip. Kalau kita mengalami yang seperti itu mengucap syukurlah serta doakan orang itu.
i.         Arogansi atau Kesombongan
Ini yang membuat hati kita kotor dan tidak bersih.
j.        Dosa
Kalau Tuhan ingatkan ada dosa yang harus diselesaikan, mari kita selesaikan supaya hati kita menjadi bersih, murni dan suci, sehingga kita dikatakan menjadi orang yang berbahagia karena suci hatinya sebab kita akan melihat Allah.

2.       Kita Harus Makin Intim Dengan Tuhan
Tuhan mau kita semakin intim dengan Tuhan karena Tuhan mau memakai kita lebih lagi hari-hari ini.

3.       Kita Harus Semakin Serupa Dengan Gambar-Nya
Kita harus makin mencerminkan kemuliaan Tuhan. Roma 8:28-30
Kita adalah orang yang dipilih Tuhanb, dipilih untuk dijadikan serupa dengan gambaran Anak-Nya.

4.       Kita Harus Terlibat Dalam Pencurahan Roh Kudus Yang Luar Biasa
Kemuliaan Tuhan sedang turun dan ini yang akan membuat penuaian jiwa besar-besaran terjadi. Setelah bangkit, Tuhan Yesus memberi pesan-Nya kepada lebih dari 500 murid-Nya, “…Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi.” (Lukas 24:49)

Tetapi apa yang terjadi? Yang meresponi ternyata hanya 120 orang atau sekitar 25% saja. Mungkin Saudara sudah mendengar pesan Tuhan lebih dari satu tahun tentang, “Aku sedang mencurahkan Roh-Ku! Bersiap-siaplah!...” Apakah Saudara termasuk golongan 120 murid atau yang sisanya? Apakah kita hanya puas dengar pesan Tuhan, tanpa mau melakukan dan mengalami penggenapan dari pesan tersebut?

5.       Kita Harus Lebih Memperhatikan Orang Miskin
Kalau tadinya kita disuruh untuk memperhatikan orang-orang miskin, tetapi sekarang Tuhan mau supaya itu ditambahi lagi dengan “lebih memperhatikan orang-orang miskin.”

6.       Kita Harus Merenungkan Berkat Dan Kutuk
Kita semua tahu, bahwa ada berkat dan ada kutuk, ada upah dan ada hukuman. Ini harus seimbang untuk masuk ke level yang lebih tinggi. “Sebab itu perhatikanlah kemurahan Allah dan juga kekerasan-Nya, yaitu kekerasan atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi atas kamu kemurahan-Nya, yaitu jika kamu tetap dalam kemurahan-Nya; jika tidak, kamupun akan dipotong juga.” (Rom. 11:22)

7.       Kita Harus Menjadi Saksi Yesus Yang Sempurna
Pada waktu Tuhan Yesus naik ke sorga, Dia memberikan pesan yang terakhir kepada murid-murid-Nya. Kalau kita murid Tuhan Yesus, artinya itu juga pesan untuk kita semua. Pesan Tuhan Yesus, “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” (Kisah 1:8).

Tetapi hari ini Tuhan berkata supaya kita menjadi saksi Yesus yang sempurna! Siapakah contoh saksi yang sempurna? Tuhan Yesus sendiri!

Selama ini saya banyak menekankan supaya kita penuh dengan Roh Kudus, tetapi ketika Tuhan akan membawa kita masuk ke level yang lebih tinggi, Tuhan memberitahu saya supaya menambahinya lagi dengan penuh Firman Tuhan. Baca firman Tuhan! Baca firman Tuhan dan lakukan.

Khotbah Pdt. Dr. Ir. Niko Njotorahardjo

Tidak ada komentar:

Translate