Bahan Sharing COOL


SHARING SUPPLEMENT
 SEPTEMBER #2 2012


MENGEMBANGKAN SIKAP UNTUK TERJADINYA UNITY


Dengan sangat tegas, lugas dan jelas Gembala Sidang / Pembina kita menyampaikan pesan TUHAN yang sangat kuat bahwa tahun 2012 ini merupakan awal penuaian jiwa besar-besaran. Kunci untuk terjadinya penuaian itu adalah UNITY. Kita semua tentu sangat memahami arti kata unity. Unity bicara soal kesatuan hati, unity bicara soal sepakat, bergandengan tangan bersama-sama melakukan sesuatu yang berdampak terhadap penuaian jiwa-jiwa.

Kita telah menangkap janji TUHAN yang luar biasa ini, bahkan yang lebih dahsyat adalah TUHAN telah memberitahukan “kunci” penuaian itu kepada kita. Apa yang kemudian menjadi bagian / tanggung jawab kita secara pribadi lepas pribadi terhadap janji TUHAN ini. Kita harus menyadari, kalau kita merindukan penuaian jiwa besar-besaran itu terjadi, maka kita harus mewujudkan terjadinya unity. Dan untuk itu kita memiliki kewajiban dan tanggung jawab pribadi untuk mengembangkan sikap untuk terjadinya unity dengan orang-orang lain yang berada di sekitar kita. Filipi 2:1-5berkata,“Jadi karena dalam KRISTUS ada nasihat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan ROH, ada kasih mesra dan belas kasihan, karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan, dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga. Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam KRISTUS YESUS ...”

Melalui ayat yang menjadi nats kita pada hari ini, kita akan pelajari dan renungkan bersama-sama 2 (dua) sikap yang harus kita kembangkan untuk terjadinya unity :

1.         Tidak Mencari Kepentingan Sendiri / Pujian Yang Sia-Sia.

Kita hidup di sebuah jaman dimana setiap orang cenderung mencari kepentingan sendiri (egois) dan mulai kehilangan rasa kepedulian terhadap orang lain bahkan yang berada di sekitarnya. Coba kita lihat gambaran kehidupan di sebagian kota besar yang ada di Indonesia bahkan dunia. Sudah begitu banyak orang yang hidup untuk dirinya sendiri.

Sikap mencari kepentingan sendiri (egoisme) adalah penghalang terbesar untuk terjadinya unity. Egoisme dan unity seperti dua sisi mata uang yang saling bertolak belakang. Unity bicara soal bagaiman kita memiliki semangat serta tujuan bersama, sedangkan egoisme selalu mencari tujuan dan kepentingan sendiri tanpa memikirkan kepentingan orang lain/kepentingan bersama.

Diskusi:
Sharingkan dalam COOL: langkah praktis apa yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan sikap egois dalam diri kita.
2.         Rendah Hati.

Sangat mudah bagi kita untuk memberikan penilaian terhadap orang lain, apakah mereka tergolong orang yang rendah hati atau orang yang sombong. Namun uniknya, bukankah tidak sedikit dari kita yang kesulitan untuk menilai diri sendiri termasuk dalam golongan yang manakah kita?

Alkitab, khususnya ayat bacaan kita pada hari ini sesungguhnya telah memberikan panduan yang sangat jelas untuk kita dapat menilai diri kita sendiri. Dikatakan disana, orang yang rendah hati adalah orang yang menganggap orang lain lebih utama dari dirinya senidiri.Wow! Tentunya bukan perkara yang mudah kan?

Kita cenderung menganggap diri kita “lebih” daripada orang lain. Kita bisa menterjemahkan kata “lebih” disini sebagai “lebih kaya”, “lebih pintar”, “lebih hebat”, “lebih ahli”, “lebih rohani”, “lebih....”Bukankah manusia cenderung untuk ingin mendapatkan pelayanan yang terbaik dari orang lain? Bukankah ketika orang lain bersikap meremehkan atau “merendahkan harga diri” kita, sebagai manusia kita cenderung berkata : “belum tahu siapa saya?!” Teladanilah KRISTUS, DIA datang bukan untuk dilayani, tetapi untuk melayani (Markus 10:45). Itu semua YESUS lakukan karena sikap rendah hati yang luar biasa.

Selama kita tidak mengembangkan sikap rendah hati dan menganggap orang lain lebih utama dari kita, selama itulah kita tidak akan bisa mewujudkan unity dengan orang di dekat kita (suami/isteri/anak-anak) dan orang lain di sekitar kita.

Diskusi:
Ajak setiap anggota COOL untuk mengevaluasi diri dalam hal manakah dari hidup kita yang rasanya masih sulit untuk bisa rendah hati : mungkin karena kekayaan, jabatan,dll. Sharingkan dalam kelompok dan saling mendoakan.


Saat kita terus berupaya mengembangkan sikap untuk terjadinya unity, itulah saat dimana kita sedang menggunakan “kunci penuaian” untuk terwujudnya penuaian jiwa besar-besaran seperti yang dijanjikan TUHAN YESUS.
Amin (DL/2012).


Sudahkah anda jalankan kedua sikap tersebut diatas?
Bagikanlah kesaksian atau kisahnya kepada kami melalui e-mail:
kesaksian.cool@gmail.com




SAAT  TEDUH

Hari Ke-1
Senin, 10 September 2012
Ester 2
1.       Siapakah Ester dan siapakah Mordekhai?
2.       Bagaimana respon raja Ahasyweros ketika melihat Ester? Apakah kelebihan Ester dibandingkan dengan gadis-gadis lainnya?
3.       Promosi apakah yang dialami oleh Ester?
4.       Perbuatan baik apakah yang dilakukan oleh Mordekhai kepada raja Ahasyweros?

Hari Ke-2
Selasa, 11 September 2012
Ester 3
1.       Siapakah Haman? Promosi apakah yang diterimanya dari raja Ahasyweros?
2.       Bagaimanakah sikap Haman ketika mengetahui bahwa Mordekhai tidak menghormatinya?
3.       Keputusan apakah yang diambil oleh raja Ahasyweros ketika menerima nasehat dari Haman?

Hari Ke-3
Rabu, 12 September 2012
Ester 4
1.       Bagaimanakah sikap Mordekhai ketika mengetahui bahwa bangsa Yahudi akan mengalami malapetaka?
2.       Apakah yang dilakukan oleh Ester untuk menolong bangsa Yahudi?
3.       Resiko apakah yang diambil oleh Ester untuk menemui raja Ahasyweros?
4.       Apakah yang menjadi isi pesan Ester untuk bangsa Yahudi?

Hari Ke-4
Kamis, 13 September 2012
Ester 5
1.       Bagaimanakah respon raja Ahasyweros ketika Ester menghadap dia?
2.       Apakah permintaan Ester kepada raja Ahasyweros?
3.       Apakah niat Haman terhadap Mordekhai dan apakah yang akan dipersiapkannya untuk Mordekhai?

Hari Ke-5
Jumat, 14 September 2012
Ester 6
1.       Apakah yang terjadi kepada raja Ahasyweros ketika ia tidak dapat tidur pada waktu malam?
2.       Promosi apakah yang diterima oleh Mordekhai?
3.       Apakah alasannya  bahwa raja Ahasyweros memberikan promosi kepada Mordekhai?
4.       Bagaimanakah sikap Haman terhadap promosi yang diterima oleh Mordekhai?

Hari Ke-6
Sabtu, 15 September 2012
Ester 7-8
1.       Apakah yang diadukan oleh Ester kepada raja Ahasyweros?
2.       Keputusan apakah yang diambil oleh raja Ahasyweros terhadap Haman?
3.       Bagaimanakah akhir kehidupan dari Haman? Kepada siapakah raja Ahasyweros mengaruniakan harta milik Haman?
4.       Keputusan apakah yang diambil oleh raja Ahasyweros bagi bangsa Yahudi?

Hari Ke-7
Minggu, 16 September 2012
Ester 9-10
1.       Apakah yang dilakukan oleh bangsa Yahudi kepada semua musuh-musuh mereka?
2.       Hari raya apakah yang dirayakan oleh bangsa Yahudi dan apakah artinya?
3.       Bagaimanakah kehidupan Mordekhai selanjutnya pada masa pemerintahan raja Ahasyweros?








Tidak ada komentar:

Translate