BERTEKUN DALAM FIRMAN TUHAN
(Bagian 2)

Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.” (Yosua 1:8)


Pengantar
Ini adalah bagian kedua dan terakhir dari seri "Bertekun dalam Firman TUHAN".  Bagian pertama telah diberikan di minggu sebelumnya.  Ambillah waktu untuk mengulas kembali (review) apa yang sudah dibahas di pertemuan COOL yang lalu sebelum membahas bagian yang kedua ini.  Jalinlah apa yang sudah dibahas di pertemuan lalu dengan bahan sharing ini. - Sub Divisi Pembinaan COOL.


Gembala Sidang/Pembina dalam setiap kesempatan terus-menerus menyampaikan pesan TUHAN yang mengingatkan untuk membaca Alkitab. Dikuatkan dengan pengelihatan Bob Jones dimana dalam pengelihatan itu banyak anak muda yang datang kepadanya dan TUHAN menyuruh Bob Jones untuk menginstruksikan kepada anak-anak muda yang datang itu untuk membaca Alkitab.  Tentu bukan hanya untuk anak-anak muda secara usia, tetapi juga untuk kita yang masih "muda" - yaitu yang harus selalu siap berperang secara rohani - harus tetap rajin membaca dan melakukan Firman TUHAN.

            Membaca Alkitab memang memberikan banyak manfaat dan berkat bagi kita. Minggu yang lalu kita telah mempelajari 2 (dua) macam berkat kalau kita bertekun dalam Firman TUHAN yakni : Mengalami penyertaan, tuntunan serta hubungan yang luarbiasa dengan TUHAN dan mengalami pertumbuhan rohani.
Pada kesempatan hari ini akan kita pelajari 2 (dua) berkat lainnya kalau kita bertekun dalam Firman TUHAN :


1.     Mengalami Kemakmuran dan Keberhasilan.
       Ayat yang baru saja kita baca dalam terjemahan Alkitab versi King James Version berkata : “This book of the law shall not depart out of thy mouth; but thou shalt meditate therein day and night, that thou mayest observe to do according to all that is written therein: for then thou shalt make thy way prosperous, and then thou shalt have good success.” (Joshua 1:8 KJV).

     Janji TUHAN, kalau kita memperkatakan Firman TUHAN dan merenungkannya (tentunya kita baru bisa memperkatakan dan merenungkan kalau kita membacanya terlebih dahulu) serta bertindak hati-hati sesuai dengan Firman TUHAN itu, maka TUHAN akan membuat jalan-jalan kita berhasil (makmur – prosperous), dan kita akan beruntung (have good success).  Bukankah kemakmuran dan keberhasilan adalah dua hal yang senantiasa dikejar oleh banyak orang, bahkan tidak sedikit dari mereka yang akhirnya mengorbankan iman serta menghalalkan segala cara sekedar demi mencapai kemakmuran dan keberhasilan.
     TUHAN memberikan cara yang mudah dan pastinya akan membawa kita pada kemakmuran dan keberhasilan, yakni : MEMBACA, MEMPERKATAKAN, MERENUNGKAN SERTA MELAKUKAN FIRMAN TUHAN.

Diskusi:
Beri waktu untuk beberapa orang untuk sharing dalam kelompok seberapa besar kerinduan mereka untuk memperoleh kemakmuran dan keberhasilan serta upaya mereka untuk memperolehnya. Tantang mereka untuk setiap hari membaca, memperkatakan, merenungkan serta melakukan Firman TUHAN.

2.      Mengalami Kemenangan atas musuh.
     Sebagai orang percaya setiap hari kita menghadapi peperangan rohani dimana musuh kita iblis dan antek-anteknya (Efesus 6:12),  senantiasa berusaha untuk mengintimidasi kita dengan pikiran-pikiran jahat, ketakutan, kekuatiran, perasaan bersalah, dll. Itulah sebabnya TUHAN memerintahkan kita : “Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! (Yakobus 4:7).

     Bagaimana cara kita melawan iblis? Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata ALLAH (Efesus 6:13). Dari seluruh perlengkapan senjata ALLAH yang tertulis dalam Efesus 6:14-18 hampir semuanya digunakan untuk pertahanan. Hanya satu senjata yang digunakan untuk menyerang/melawan: Pedang Roh, yaitu Firman ALLAH. (Efesus 6:17).

     TUHAN YESUS memberikan teladan bagaimana kita menggunakan Firman ALLAH untuk melawan dan mengalami kemenangan atas intimidasi/cobaan dari iblis. Saat TUHAN YESUS dicobai oleh iblis (Matius 4:1-10), TUHAN YESUS selalu melawan serangan iblis dengan perkataan : “Ada tertulis ...” kemudian TUHAN YESUS mengutip apa yang tertulis di dalam Firman TUHAN (Kitab Suci).

Kita tidak mungkin dapat menggunakan Pedang Roh (Firman TUHAN) untuk melawan iblis seperti yang dilakukan oleh TUHAN YESUS seandainya kita tidak  membaca Alkitab secara teratur. Kalau kita tidak membaca Alkitab, kita tidak  tahu apakah yang kita perkatakan untuk melawan iblis itu tertulis dalam Alkitab atau tidak. (DL/2013)

Diskusi:
Berikan cukup waktu untuk memeriksa serta membahas proyek ketaan minggu lalu. Diskusikan kendala yang dihadapi serta berkat yang telah mereka rasakan saat mereka bertekun dalam Firman TUHAN.)



Berkat apakah yang Anda dapatkan secara pribadi ketika Anda
bertekun dalam Firman TUHAN (membaca dan melakukannya) ?

Bagikanlah kepada kami kesaksian anda melalui e-mail:
kesaksian.cool@gmail.com



Saat Teduh

Hari Ke-1
Senin, 25 Februari 2013
Daniel 7-9
1.       Apakah mimpi Daniel dalam Kitab Daniel 7 ?
2.       Apakah permohonan Daniel kepada Tuhan pada tahun pertama pemerintahan Darius?
3.       Apakah maksudnya tujuh puluh kali tujuh masa? Berbicara tentang apakah hal tersebut?
(Bacaan Alkitab Tahunan Untuk Hari Ini : Ulangan 29-31)

Hari Ke-2
Selasa, 26 Februari 2013
Daniel 10-12
1.       Berapa lamakah Daniel berpuasa? Bagaimanakah cara dia berpuasa?
2.       Siapakah nama malaikat yang membantu Daniel dan apakah tugas malaikat tersebut?
3.       Apakah yang ditulis dalam Daniel 12 tentang akhir zaman? Apakah yang harus kita lakukan pada masa ini?
(Bacaan Alkitab Tahunan Untuk Hari Ini : Ulangan 32-34)

Hari Ke-3
Rabu, 27 Februari 2013
Hosea 1-3
1.       Siapakah penulis kitab Hosea?
2.       Apakah arti perlambangan keluarga Hosea?
3.       Apakah kerinduan Tuhan bagi umat pilihanNya, umat Israel?
(Bacaan Alkitab Tahunan Untuk Hari Ini : Yosua 1-3)

Hari Ke-4
Kamis, 28 Februari 2013
Hosea 4-6
1.       Apakah yang menyebabkan umat Tuhan bisa binasa?
2.       Apakah kesalahan pemimpin-pemimpin dan imam-imam Israel?
3.       Manakah yang lebih disukai Tuhan antara kasih setia dengan korban sembelihan; antara pengenalan akan Allah dengan korban-korban bakaran? Mengapa?
(Bacaan Alkitab Tahunan Untuk Hari Ini : Yosua 4-6)

Hari Ke-5
Jumat, 01 Maret 2013
Hosea 7-10
1.       Apakah dosa Israel di bidang agama dan kenegaraan?
2.       Sebutkan akibat-akibat dari ketidaktaatan Israel?
3.       Apakah masih ada ketidaktaatan kita terhadap firman Tuhan dan kehendak Tuhan sampai hari ini? Jika ada, apakah sebaiknya yang harus kita lakukan?
(Bacaan Alkitab Tahunan Untuk Hari Ini : Yosua 7-9)

Hari Ke-6
Sabtu, 02 Maret 2013
Hosea 11-14
1.       Bagaimanakah kasih Tuhan walaupun Israel telah berbuat jahat?
2.       Bagaimanakah janji Tuhan jika Israel bertobat?
3.       Bagaimanakah cara pertobatan yang ditulis dalam Hosea 14?
(Bacaan Alkitab Tahunan Untuk Hari Ini : Yosua 10-12)

Hari Ke-7
Minggu, 03 Maret 2013
Yoel  1-3
1.       Apakah yang terjadi ketika hujan awal dan hujan akhir dicurahkan bersama-sama? Apakah artinya?
2.       Apakah janji  Tuhan tentang  pencurahan Roh Kudus?
3.       Mujizat-mujizat apakah yang ditulis dalam Yoel 3:30-32? Apakah tujuan Tuhan mengadakan mujizat-mujizat tersebut?
(Bacaan Alkitab Tahunan Untuk Hari Ini : Yosua 13-15)

Tidak ada komentar:

Translate