“Wajib Hidup Sama Seperti Kristus Telah Hidup” (1)


Waktu berjalan begitu cepat dan kita sekarang ada di bulan kedua di tahun 2013. Pada bulan lalu ketika kita akan memasuki tahun 2013, banyak orang yang takut karena menganggap angka 13 itu ‘angka sial’. Tetapi kita sudah bersama-sama mendengarkan bahwa angka 13 itu sebenarnya angka yang beruntung buat kita semua.

Kalau kita melihat angka 13 dalam Alkitab;
• Yusuf diproses selama 13 tahun untuk menjadi orang kedua di Mesir
• Daud diproses selama 13 tahun untuk menjadi raja Israel
• 1 Korintus 13, itu berbicara tentang kasih
• Benteng Yeriko dikelilingi sebanyak 13 kali sehingga hancur ,
Sehingga angka 13 itu artinya angka kemenangan.

Angka 12-nya memang mempunyai arti fullness, utuh, bulat, penuh dan puncak.
Contohnya:
• Jarum jam; setelah ke angka 12 kembali lagi ke angka 1
• Penanggalan; setelah bulan 1, 2, dst sampai bulan 12 atau Desember; setelah itu akan kembali lagi ke bulan 1 atau Januari.  Berarti angka 13 berbicara tentang permulaan yang baru! Berarti tahun 2013 ini juga bermakna sebagai Tahun Permulaan Yang Baru

MEMPERBAHARUI KOMITMEN KITA KEPADA TUHAN
Apa  yang  Tuhan   mau   kita   kerjakan?   Mari   kita   perbaiki   dan   perbaharui   komitmen   kita  di hadapan  Tuhan   sebab   ini  yang  Tuhan  mau.  Saya akan  mengajak  Saudara  untuk  bersama-sama melihat  keadaan  diri  kita,  kapan  Saudara  mengalami  kelahiran  baru?  Mungkin  ada  juga  yang belum mengalami kelahiran baru, tetapi saya berdoa supaya Saudara mengalami kelahiran baru. Pada saat Saudara berjumpa dengan Tuhan Yesus secara pribadi, menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, disitu Saudara mengalami kelahiran baru, dan mengalami kasih yang mula-mula. Saya percaya saat itu Saudara terus berjanji kepada Tuhan, “Tuhan, saya mau hidup sungguh-sungguh dengan Tuhan, saya mau melayani Tuhan, saya mau menyenangkan hati Tuhan…”. Apakah itu yang Saudara  lakukan  pada  waktu  itu?  Pasti!  Dan  masuk  tahun  2013,  Tuhan  mau  kita  ulangi  kembali komitmen kita itu. Amin!

Saudara  yang dikasihi Tuhan, menurut kalender orang Yahudi, sejak tanggal 16 September 2012 sampai  dengan  4  September  2013  (4  September adalah  hari  ulang  tahun  gereja  kita!),  itu masuk tahun 5773, yang disebut dengan tahun Ayin Gimel. Ayin adalah 70 sedangkan Gimel adalah 3, jadi Ayin Gimel adalah 73. 

Banyak nabi yang mendapatkan bahwa tahun Ayin Gimel adalah:
1. Jembatan antara masa lalu dengan masa yang akan datang
2. Entering The Next Level
     Kita sedang dibawa Tuhan untuk masuk ke level yang lebih tinggi lagi.
3. From Recovery to Wholeness, From Restoration to Fullness
Berdasarkan  hal  ini  selama  berbulan-bulan  saya  berdoa  untuk  tema  tahun  2013  dan Tuhan memberikan tema bahwa Tahun 2013 adalah Tahun Pemulihan Seutuhnya. Entering The Next Level. Mari perkatakan bersama saya, “Tahun 2013, Tahun Pemulihan Seutuhnya. Entering The Next Level!”.

Kalau kita bicara tentang pemulihan, pasti yang ada dipikiran kita adalah kita dipulihkan dari keadaan yang tidak baik menjadi baik. Memang itu yang ada dipikiran kita, tetapi mari saya akan berikan pengertian yang lebih lagi tentang arti pemulihan seutuhnya. Pemulihan yang pertama kali kita alami adalah waktu kita ketemu Tuhan Yesus. Sebelumnya keadaan kita tidak baik tetapi setelah ketemu Tuhan Yesus menjadi baik. Kita mengalami kelahiran baru. Saudara, kita adalah umat pilihan Tuhan yang sudah ditentukan dari semula untuk menjadi serupa dengan gambar-Nya!

• Dipilih
Kita adalah umat pilihan Tuhan yang dipilih sejak dalam kandungan ibu kita, malah ada tertulis lebih dahsyat lagi bahwa kita dipilih sejak sebelum dunia dijadikan. Betapa berharganya Saudara dan saya di mata Tuhan. Camkan baik-baik, betapa berharganya Saudara dan saya di mata Tuhan.
• Dipanggil
Saya pernah melihat anak umur 5 tahun yang sudah mendengar panggilan itu, bahkan ada yang lebih  kecil  lagi  dimana  anak-anak  itu  betul-betul menyembah  Tuhan  sambil  menangis  dan  berbahasa roh. Itu sungguh luar biasa. Ada juga yang berumur 10 tahun mendengar panggilan Tuhan, ada yang 20   tahun,   50   tahun   dan   ada  yang  sedikit  kebablasan  umur  72½  tahun  mungkin  baru  mendengar panggilan. Tetapi itu bukan masalah karena yang penting orang pilihan Tuhan pasti mendengar panggilan Tuhan.
• Dibenarkan
Setelah dipanggil kita dibenarkan. Latar belakang kehidupan kita ketika dipanggil bukanlah orang yang baik, termasuk saya. Tetapi karena dibenarkan, maka kita dibuat menjadi benar karena kita beriman kepada Tuhan Yesus. Bukan karena kita berbuat baik atau karena kita hebat. Karena itu jangan ada di antara Saudara yang berkata begini, “Siapa saya, masa Tuhan mau….”. Jangan pernah berkata demikian! Karena kita dibenarkan oleh karena iman percaya kepada Tuhan Yesus.
• Dimuliakan
Setelah  dibenarkan  kita  akan  dimuliakan.  Kita  dimuliakan  supaya  menjadi  serupa  dengan gambar Yesus. Proses dimuliakan adalah seperti gumpalan tissue. Jadi kalau di antara kita ada yang bentuknya masih seperti selembar tissue, maka kita akan diproses, yaitu dengan diremas kuat-kuat sehingga  menjadi bola  atau  gumpalan tissue.  Mungkin  awalnya  remasan  itu  agak  lemah,  tetapi makin lama remasan itu akan semakin kuat,  sehingga tissue itu terbentuk dengan sempurna seperti bola. Apakah Saudara siap? Siap atau tidak Saudara tetap akan diproses seperti itu, jadi lebih baik kita mengerti hari ini. Dimuliakan itu artinya diproses habis-habisan. Tetapi ketika diproses itu jangan kita lari, supaya apa? Supaya kita semua masuk sorga!

Terus-terang akhir-akhir ini saya bertobat dan minta ampun sama Tuhan karena dulu kurang sering berbicara tentang sorga dan neraka. Tetapi akhir-akhir ini Tuhan begitu tegas¸ “Kamu beritakan, berkat atau kutuk…sorga atau neraka! Tidak ada di tengah-tengahnya!”. Dan itu saya lakukan. Saudara yang dikasihi Tuhan, kalau Tuhan menyuruh kita melakukan sesuatu; dimana harus kita bayar harganya, dibalik itu Tuhan selalu menyediakan upah yang luar biasa. Berapa besarnya upah yang Dia sediakan?
“Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,” Efesus 3:20. 

Jauh lebih banyak ini dalam bahasa Inggrisnya dijelaskan dengan banyak kata seperti:
• exceedingly abundantly,
• exceedingly more,
• immeasurably more,
• super abundantly,
• far over above,
• infinitely beyond.
Sesuatu  yang  tidak  bisa  terpikirkan  oleh  kita,  itulah  yang  Tuhan  janjikan.  Apa  yang  akan  Tuhan berikan itu jauh  melebihi dari apa yang kita doakan, kita pikirkan dan kita minta. Saat ini saya tidak tahu  keadaan  Saudara,  mungkin  ada   yang  bergumul  dengan  penyakit dan Saudara sedang minta kesembuhan secara fisik kepada Tuhan dalam doa,  “Tuhan, sembuhkan sakit saya, Tuhan. Sembuhkan saya…”. Ternyata bukan hanya penyakit fisik saja yang disembuhkan, tetapi keluarga Saudara pun dipulihkan. Bukan  hanya itu saja, tetapi pekerjaan Saudara dipulihkan. Tidak berhenti sampai disitu; ternyata hubungan Saudara dengan Tuhan pun dipulihkan! Itulah yang Tuhan janjikan. Haleluya!

Tetapi  untuk  memperoleh  itu,  lakukan  dulu  Firman  Tuhan  yang  merupakan  ayat  emas  kita memasuki tahun 2013 dan seterusnya, yaitu 1 Yohanes 2:6, “Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.” Siapa di antara Saudara ada di dalam Dia? Kalau kita ada di dalam Dia, maka kita wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup. Jika kita lakukan ini, Efesus 3:20 menjadi milik Saudara dan saya. Amin!

BELAJAR DARI KEHIDUPAN TUHAN YESUS
Mari sekarang saya ajak Saudara untuk melihat kehidupan dari Tuhan Yesus. Waktu Tuhan Yesus akan memulai pelayanan-Nya, yang dilakukannya adalah :
1. Dibaptis
Ada berapa banyak yang sudah dibaptis? Yang belum, cepatlah dibaptis. Waktu itu Tuhan Yesus datang kepada Yohanes Pembaptis untuk dibaptis. Tetapi Yohanes Pembaptis berkata, “Seharusnya saya yang dibaptis!”, tetapi Tuhan Yesus menjawab, “Sudahlah, karena Tuhan menghendaki demikian, lakukan saja”.  (Matius 3:13-17). Jadi, Tuhan Yesus mengikuti Firman Tuhan. Dia penuh dengan Firman dan Dia melakukan Firman Tuhan.
2. Penuh Firman dan Roh Kudus
Selesai dibaptis Dia keluar dari dalam air lalu langit terbuka dan Roh Kudus dalam bentuk burung merpati turun ke atas Tuhan Yesus memenuhi-Nya. Kita harus penuh Roh Kudus dan Firman Tuhan.
3. Memenangkan Peperangan Rohani
Setelah itu Tuhan Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun dimana Dia berpuasa selama 40 hari 40 malam  di  sana dan selama itu Dia dicobai oleh Iblis. Tuhan Yesus melakukan peperangan rohani. Inilah yang akan kita renungkan pada hari ini.

Pencobaan di padang gurun
Saya melihat betapa beratnya apa yang dialami Tuhan Yesus pada pencobaan di padang gurun itu. Selama  40  hari  Tuhan  Yesus  tidak  makan;  walaupun saya percaya Dia minum; dan melakukan peperangan rohani. Kalau Tuhan Yesus melakukan peperangan rohani, maka Saudara dan saya pun melakukan peperangan  rohani  melawan Iblis. Camkan baik-baik! Kehidupan Saudara dan saya selama ada di dunia ini selalu akan melakukan peperangan rohani melawan Iblis! Dan Tuhan Yesus menang dalam peperangan tersebut. Apa yang menjadi rahasia Tuhan Yesus sehingga bisa menang? Rahasianya adalah memakai Firman Tuhan. Tuhan Yesus selain penuh Roh Kudus, juga penuh Firman Tuhan. Jadi kalau kita tidak penuh dengan Roh Kudus dan tidak penuh Firman Tuhan tetapi mau melawan  Iblis,  maka  Iblis  akan   datang  menghajar  kita.  Misalnya  ketika  melakukan  peperangan rohani orang itu dengan perlahan hanya berkata, “Iblis, pergi…”, apalagi tidak dalam Nama Tuhan Yesus, yang terjadi adalah Iblis mentertawakan orang tersebut. Tetapi begitu penuh Roh Kudus dan penuh Firman Tuhan, ketika orang itu mengucapkan Firman Tuhan maka Iblis akan lari!

Yakobus 4:7 berkata, “Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!”  Saudara ini penting! Firman Tuhan tidak berkata, “Lawan Ibls, maka dia akan lari…”, melainkan, “Tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!”.
Saudara, saya mau kasih istilah Jawa, bahwa banyak orang Kristen yang di untel-untel Iblis, artinya dikerjain habis-habisan.

Kesaksian Jack Hayford
Salah  satu  tema  tahun  2012  adalah  tahun  peperangan  rohani.  Itu benar!  Pada  waktu  itu  saya mengikuti Empowered 21 yang tingkat global atau tingkat dunia di Orlando. Salah satu pembicara waktu  itu  adalah  orang  yang  kita  tua-kan,  yang  bernama  Jack Hayford. Kalau Saudara tidak kenal dengan namaJack Hayford mungkin Saudara kenal dengan lagu yang ditulisnya, yaitu “Majesty….worship  His  Majesty”.   Pada  tahun  2012  beliau  mengalami peperangan  rohani  dimana  dia  harus menjalani operasi di belakang telinga kanannya. Waktu itu umurnya sudah hampir 77 tahun dan dia sembuh total. Ketika itu juga ada yang bersaksi bahwa dia ternyata sungguh-sungguh kena kanker dan dia melakukan peperangan rohani melawan Iblis dan sembuh total.


BERSAMBUNG


Khotbah Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo

Tidak ada komentar:

Translate