SHARING SUPPLEMENT
APRIL#2 2013


PANGGILAN TUHAN UNTUK SEMUA ORANG PERCAYA :
“BERDOA, MEMUJI & MENYEMBAH TUHAN”



            Bacalah dan perhatikanlah ayat-ayat berikut ini:

“... mereka akan Kubawa ke gunung-Ku yang kudus dan akan Kuberi kesukaan di rumah doa-Ku. Aku akan berkenan kepada korban-korban bakaran dan korban-korban sembelihan mereka yang dipersembahkan di atas mezbah-Ku, sebab rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa.” (Yesaya 56:7)

“...Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.  ALLAH itu ROH dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." (Yohanes 4:23-24)

            Tubuh kita adalah Rumah ALLAH / Rumah ROH KUDUS, untuk itu rumah ALLAH ini juga akan disebut Rumah Doa, Pujian dan Penyembahan. Berdoa, memuji dan menyembah TUHAN bukan sekedar dikhususkan bagi mereka yang suka berdoa atau yang melayani sebagai pendoa saja, tetapi merupakan panggilan TUHAN bagi semua orang percaya. Ada 3 (tiga) alasan mengapa Berdoa, Memuji dan Menyembah TUHAN adalah Panggilan untuk semua orang percaya, yaitu karena:


1.  BERDOA, MEMUJI DAN MENYEMBAH ADALAH TELADAN TUHAN YESUS BAGI SEMUA ORANG PERCAYA.

            Sekalipun hanya hidup di bumi selama kira-kira 33 ½ tahun, dengan masa pelayanan yang begitu singkat (3½ tahun saja) namun TUHAN YESUS telah memberikan teladan yang luar biasa bagi kita orang percaya. Bukan hanya karakter atau kharisma-Nya saja, tetapi juga apa yang menjadi gaya hidup-Nya sehari-hari. TUHAN YESUS kita bukanlah seperti selebriti yang senang menghabiskan waktu di tengah kerumunan orang-orang yang mengagumi serta menyanjung-Nya, tetapi DIA menghabiskan banyak waktu untuk menyendiri dan berdoa.  Dia tahu untuk membagi prioritas waktuNya dengan baik dan benar. Perhatikanlah:

Matius 14:23 “Dan setelah orang banyak itu disuruh-Nya pulang, YESUS naik ke atas bukit untuk berdoa seorang diri. Ketika hari sudah malam, Ia sendirian disitu.”

Matius 26:36 “Maka sampailah YESUS bersama murid-murid-Nya ke suatu tempat yang bernama Getsemani. Lalu Ia berkata kepada murid-murid-Nya: “Duduklah disini, sementara Aku pergi kesana untuk berdoa.”

Markus 1:35 “Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.

Lukas 5:15-16 “Tetapi kabar tentang YESUS makin jauh tersiar dan datanglah orang banyak berbondong-bondong kepada-Nya untuk mendengar Dia dan untuk disembuhakan dari penyakit mereka. Akan tetapi Ia mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi dan berdoa.  

       Ayat-ayat yang kita baca menunjukkan kepada kita bahwa berdoa adalah teladan yang TUHAN YESUS tinggalkan bagi semua orang percaya.


2.  BERDOA, MEMUJI DAN MENYEMBAH ADALAH TELADAN RASUL-RASUL DAN JEMAAT MULA-MULA.

            TUHAN YESUS pernah menyampaikan bahwa seorang murid tidak lebih dari pada gurunya, tetapi barangsiapa yang telah tamat pelajarannya akan sama dengan gurunya (Lukas 6:40).  Setelah TUHAN YESUS terangkat ke Sorga dan ROH KUDUS dicurahkan, maka rasul-rasul menjadi soko guru bagi jemaat mula-mula. Sama seperti halnya TUHAN YESUS, demikian juga para rasul.  Karena terlalu disibukkan oleh pelayanan diakonia, mereka akhirnya memutuskan untuk mengangkat para diaken dengan tujuan agar pelayanan terhadap jemaat yang membutuhkan tidak terabaikan dan para rasul pun dapat memusatkan diri untuk pelayanan firman dan doa. Jelas sekali bahwa berdoa menjadi salah satu fokus pelayanan para rasul. 

            Jemaat mula-mula pun memberikan teladan bagi kita yang hidup di jaman akhir ini. Mereka adalah jemaat yang suka dan sungguh-sungguh berdoa, memuji dan menyembah TUHAN.

Kisah 2:42,47 “mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa, ...sambil memuji ALLAH. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari TUHAN menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan”

Dalam Kisah 4:23-31 pun kita ketahui bahwa saat rasul Petrus dan Yohanes ditangkap dan murid-murid diintimidasi untuk tidak memberitakan injil. Jemaat berkumpul dan berdoa.  Berdoa, memuji dan menyembah TUHAN memang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan jemaat/orang Kristen sejak awal sejarah gereja dimulai. Berdoa, memuji dan menyembah TUHAN bukan sekedar tugas/ kewajiban bagi para pendoa syafaat saja, justru semua jemaat yang ada adalah pendoa syafaat.  Kita semua adalah Rumah Doa, Pujian dan Penyembahan.


3.  BERDOA, MEMUJI DAN MENYEMBAH ADALAH TELADAN GEMBALA SIDANG / PEMBINA YANG MERUPAKAN PANGGILAN TUHAN BAGI KITA.

            Gembala Sidang/Pembina dengan tegas mengatakan bahwa setiap pengerja dan jemaat harus tahu dan mengerti apa yang merupakan visi/panggilan TUHAN bagi Gereja kita, yakni Kisah Para Rasul 15:16-17 yang berbicara mengenai "Pemulihan Pondok Daud". PEMULIHAN PONDOK DAUD berbicara soal DOA, PUJIAN DAN PENYEMBAHAN BERSAMA-SAMA DALAM UNITY SIANG DAN MALAM. Tujuan dari Pemulihan Pondok Daud adalah supaya semua orang lain mencari TUHAN, dan segala bangsa yang tidak mengenal ALLAH yang kusebut milik-Ku. Yang dengan kata lain dapat kita terjemahkan: SETIAP LUTUT BERTELUT, SETIAP LIDAH MENGAKU BAHWA YESUS KRISTUS ADALAH TUHAN.

            Gembala Sidang/Pembina bukan hanya sekedar menyampaikan pesan TUHAN yang menjadi panggilan bagi Gereja kita ini, tapi terlebih beliau menunjukkan sebuah teladan yang luar biasa bagaimana hidupnya sungguh-sungguh dipenuhi dengan doa, pujian dan penyembahan 24 jam dalam sehari. Inilah yang merupakan DNA (ciri khas/khusus) dari Gereja kita. Sebagai anak-anak rohani yang berada di wadah ini, pantaslah bagi kita untuk memiliki DNA yang sama dengan pemimpin rohani kita, yaitu memiliki panggilan untuk berdoa, memuji dan menyembah TUHAN.  [DL/2013]


Kau sungguh indah tiada taranya
Sungguh menakjubkan
Sungguh ajaib 'tuk dimengerti
Lebih dari semua yang ada
HikmatMu tiada terselami, KasihMu dalam tak terduga
Kau sungguh indah tiada taranya
Mulia dan berkuasa!

Ku kagum, hormat, akan Engkau
Ku kagum, hormat, akan Engkau
Kau ALLAH yang layak dipuji
Ku kagum akan Engkau


Apakah anda memiliki kisah/kesaksian mengenai kehidupan doa-pujian-penyembahan anda ?
Bagikanlah kepada kami kisah dan kesaksian anda melalui e-mail:
kesaksian.cool@gmail.com

Kisah dan kesaksian anda akan menjadi berkat bagi banyak orang.


SAAT TEDUH

Hari Ke-1
Senin, 15 April 2013
Matius 20
1.       Apakah permintaan dari ibu Yakobus dan Yohanes kepada Yesus?
2.       Apakah yang Tuhan ajarkan supaya kita menjadi pelayan yang baik?
3.       Teladan apakah yang Yesus berikan kepada kita sebagai pelayan?
(Bacaan Alkitab Setahun Untuk Hari Ini : 1 Tawarikh 4-6)

Hari Ke-2
Selasa, 16 April 2013
Matius 21
1.       Apakah yang dialami oleh Yesus ketika Ia masuk ke Yerusalem?
2.       Apakah yang seharusnya tidak boleh ada di Bait Suci?
3.       Apakah yang Yesus ajarkan tentang iman dan doa berkaitan dengan pohon ara yang dikutuk Tuhan?
(Bacaan Alkitab Setahun Untuk Hari Ini : 1 Tawarikh 7-9)

Hari Ke-3
Rabu, 17 April 2013
Matius 22
1.       Siapa sajakah yang diundang Yesus  untuk masuk dalam perjamuan kawin? Dan apakah respon orang-orang yang diundangnya?
2.       Apakah yang Tuhan ajarkan tentang membayar pajak kepada pemerintah?
3.       Apakah isi hukum yang terutama?
4.       Bagaimanakah hubungan Yesus dengan Daud?
(Bacaan Alkitab Setahun Untuk Hari Ini : 1 Tawarikh 10-13)

Hari Ke-4
Kamis, 18 April 2013
Matius 23
1.       Hal-hal apa sajakah yang dikecam Yesus tentang kehidupan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi?
2.       Mengapa Yesus mengecam ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi?
3.       Siapakah ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi tersebut?
(Bacaan Alkitab Setahun Untuk Hari Ini : 1 Tawarikh 14-16)

Hari Ke-5
Jumat, 19 April 2013
Matius 24
1.       Apakah tanda-tanda akhir zaman?
2.       Apakah hukuman yang akan diterima oleh Mesias-mesias palsu?
3.       Apakah yang harus kita lakukan dalam menantikan kedatangan Yesus Tuhan kali kedua?
4.       Apakah ciri-ciri hamba yang setia dan hamba yang jahat?
(Bacaan Alkitab Setahun Untuk Hari Ini : 1 Tawarikh 17-19)

Hari Ke-6
Sabtu, 20 April 2013
Matius 25
1.       Apakah perbedaan antara gadis-gadis yang bijaksana dan gadis-gadis yang bodoh?
2.       Apakah yang dimaksud dengan talenta? Talenta apakah yang saudara miliki?
3.       Pelayanan apakah yang berkenan di hadapan Tuhan?
(Bacaan Alkitab Setahun Untuk Hari Ini : 1 Tawarikh 20-23)

Hari Ke-7
Minggu, 21 April 2013
Matius 26
1.       Siapakah yang mengurapi Yesus di Betania? Dan apakah respon Yesus?
2.       Siapakah yang mengkhianati Yesus?
3.       Apakah yang Yesus alami di taman Getsemani?
4.       Bagaimanakah perkataan Petrus yang menyangkal Yesus?
(Bacaan Alkitab Setahun Untuk Hari Ini : 1 Tawarikh 24-26)

Tidak ada komentar:

Translate