SHARING SUPPLEMENT
MEI#2 2013


BAGAIMANA AGAR SAYA BERGAIRAH BAGI YESUS?

"Dengarlah, hai orang Israel:
TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa! Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu. Apa yang kuperintahkan kepadamu hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apanila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun." ~ Ulangan 6:4-7



            Kejemuan. Kelesuan. Kebosanan.  Itu mungkin sebagian dari alasan mengapa banyak anak-anak TUHAN sepertinya tidak lagi bersemangat, sepertinya tidak lagi bergairah kepada TUHAN YESUS dalam kehidupan kekristenan mereka.  Namun kalau pertanyaan yang menjadi judul diatas dilontar-kan, Puji TUHAN, artinya ada keinginan untuk tetap on-fire dalam TUHAN, ada keinginan untuk memenuhi Ulangan 6:4-7 diatas.  Lalu apa jawabannya?  Bagaimana agar kita tetap bergairah dan bersemangat bagi YESUS ?


1.  Kenalilah TUHAN dan apa yang telah IA lakukan untukmu.

            Ada pepatah "tidak kenal maka tidak sayang".  Prinsip yang sama berlaku pula disini.  Ulangan 6:4 berkata "Dengarlah hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!"  Ayat ini menegaskan bahwa TUHAN yang kita sembah dalam YESUS adalah TUHAN yang unik, yang tiada duanya.  Kalau kita mengenal Dia sebagaimana TUHAN adanya, maka lebih mudah bagi kita untuk mencintaiNya.  Tidak ada ilah, dewa atau sesembahan apapun yang seperti Dia.  Hanya TUHAN YESUS yang begitu luar biasa namun juga menunjukkan kasihNya kepada kita (Yoh 3:16).  Segala sesuatu yang ada dalam hidup kita, Ia berikan untuk mendatangkan kebaikan dalam hidup kita (Roma 8:28).

            Untuk semakin mengasihi TUHAN, kita perlu semakin lama semakin mengenalNya.  TUHAN menyatakan dirinya secara umum melalui karya-karyaNya (Roma 1), tetapi terlebih lagi melalui FirmanNya dan YESUS KRISTUS.  Itulah sebabnya, kalau engkau merasa sepertinya tidak bergairah lagi, ambil waktu untuk membaca dan mempelajari Firman-firmanNya dan minta agar ROH KUDUS yang menyegarkan jiwa kita saat kita melakukan hal tersebut.  Minta juga agar ROH KUDUS mengingatkan kita betapa selama ini TUHAN menunjukkan kasih setiaNya kepada kita.


2. Lakukan yang TUHAN YESUS lakukan : tiada pernah berhenti berdoa.

            Semua tokoh-tokoh iman dalam Alkitab memiliki ciri yang sama: mereka senang dan memiliki kehidupan doa yang konsisten.  Terlebih TUHAN YESUS.  Doa memastikan kita memiliki hubungan yang baik dengan TUHAN.  Doa membuat api ROH KUDUS terus berkobar dalam kehidupan kita.  Doa bukan sekedar menaikkan permohonan kepada TUHAN, tetapi kita bercakap-cakap dengan dengan Dia.  Membaca Firman TUHAN dan kehidupan doa yang konsisten adalah saudara kembar yang tidak boleh dipisahkan kalau engkau ingin tetap on-fire dalam TUHAN.  Doa adalah juga senjata yang ampuh melawan musuh-musuh yang mencoba mengambil damai sejahtera/sukacita kita (Efesus 6:18).  Kita bisa saja ingin mengasihi TUHAN sepenuh hati, tetapi kita akan jatuh dalam perjalanan hidup kita kalau kita menjalaninya tanpa doa (Matius 26:41).


3.  Berjalan erat dengan YESUS setiap hari dan sekarang!

            Untuk memastikan bahwa kita akan selalu bergairah pada YESUS, maka kita perlu berjalan bersama dengan Dia, menuruti perintah-perintahNya, sekarang!  Bukan nanti, bukan besok, bukan kapan-kapan, tetapi sekarang!  Penundaan adalah penyebab dari kelesuan rohani.  Ketika waktunya untuk berdiri teguh berdasarkan kebenaran Firman TUHAN dalam berbagai pencobaan, maka berdirilah teguh!  Kalau tidak, justru kita memadamkan api ROH itu dalam diri kita.  Namun saat kita berjalan erat dengan TUHAN dan melakukan apa yang Ia perintahkan, jiwa kita disegarkan dan roh kita diperkuat.  Alkitab berkata dimana harta kita berada, disitu pula hati kita berada.  Kalau kita mengaku bahwa YESUS-lah yang paling penting dalam hidup kita, harta yang terbaik dalam hidup kita, maka hati kita pun akan selalu disegarkan setiap kali kita berjalan bersama Dia (1 Tim 3:12, Mat 6:21).


4.  Menjauh dari hal-hal yang memadamkan rohmu.

            Kadang yang membuat kita tidak bergairah pada YESUS adalah hal-hal lain dalam hidup yang menjauhkan kita dari hadiratNya.  Kita harus menentukan siapa (atau apa) yang menjadi prioritas dalam hidup kita.  TUHAN YESUS mengatakan bahwa tidak mungkin kita melayani dua majikan (Mat 6:24), artinya tidak mungkin kita menyenangkan hati TUHAN dan juga menyenangkan hal-hal yang bertentangan dengan TUHAN.  Kita harus menjauhkan diri dari pergaulan yang tidak memuliakan TUHAN, keinginan-keinginan daging yang hanya mementingkan diri sendiri, kegiatan-kegiatan yang menyita waktu pribadi/doa kita dengan TUHAN.  Sebaliknya, biarlah prioritas utama kita kepada Dia.  TUHAN berjanji, kalau kita menempatkan Dia pada yang utama dalam hidup kita, bukan saja Ia akan mencukupi kebutuhan kita (Mat 6:33) tetapi juga memberikan apa yang hati kita inginkan (Maz 37:4-5).


5.  Ingatlah dan jagalah akan cinta mula-mulamu kepada TUHAN.

            Bukanlah hal yang aneh kalau anak-anak TUHAN pernah mengalami "sepertinya" kehilangan gairah kepada TUHAN. Petrus pernah mengalaminya, Daud pernah mengalaminya.  Namun mereka segera bangkit kembali dan mengejar hadirat TUHAN kembali. Wahyu 2:4 menjelaskan bahwa yang membuat anak-anak TUHAN jatuh bukanlah kehilangan kasih, tetapi karena meninggalkan kasih mula-mula itu.  Jadi bagaimana agar kita kembali bergairah kepada YESUS, yaitu kembali kepada kasih mula-mula itu; kepada hal yang membuatmu jatuh cinta kepada TUHAN YESUS pertama kali.  Mintalah ampun kepada TUHAN (1 Yoh 1:9) kalau engkau sepertinya menjauh dari Dia dan mintalah agar kasihNya kembali menyegarkanmu, membuatmu kembali baru. (CS/2013)

Ketika aku berbeban berat
Kudatang kepada YESUS
Dia berikan damai dan sukacita
Sejahtera dalam hatiku

Ketika aku berputus asa
Kudatang kepada YESUS
Dia bebaskanku dan lepaskanku
Kini aku jadi baru

YESUS, YESUS TUHAN, mulia namaMu
Kutinggikan, kuagungkan
NamaMu selama-lamanya


Apakah anda memiliki kisah/kesaksian bagaimana TUHAN menyegarkan kembali kegairahan, jiwa, semangat, roh anda?
Bagikanlah kepada kami kisah dan kesaksian anda melalui e-mail:
kesaksian.cool@gmail.com



Saat Teduh
Hari Ke-1
Senin, 13 Mei 2013
Lukas 5
1.       Bagaimanakah proses Simon Petrus menjadi pengikut Yesus?
2.       Siapakah Lewi? Bagaimanakah latar belakang hidupnya dan bagaimanakah prosesnya sehingga ia menjadi pengikut Yesus?
3.       Apakah yang Tuhan ajarkan tentang hal berpuasa?
(Bacaan Alkitab Setahun Untuk Hari Ini : Ester 8-10)

Hari Ke-2
Selasa, 14 Mei 2013
Lukas 6
1.       Siapa sajakah yang menjadi murid Yesus?
2.       Apakah yang Tuhan ajarkan tentang respon dan sikap terhadap musuh?
3.       Bolehkah kita menghakimi sesama? Mengapa?
4.       Sebutkanlah dua macam dasar berkenaan tentang mendengarkan firman Tuhan dan melakukannya?
(Bacaan Alkitab Setahun Untuk Hari Ini : Ayub 1-4)

Hari Ke-3
Rabu, 15 Mei 2013
Lukas 7
1.       Bagaimanakah ukuran iman yang dimiliki oleh seorang perwira di Kapernaum yang memiliki seorang hamba yang sedang sakit?
2.       Mujizat apakah yang dilakukan Yesus di Nain?
3.       Siapakah yang mengurapi Yesus? Dan bagaimanakah respon Yesus?
(Bacaan Alkitab Setahun Untuk Hari Ini : Ayub 5-7)

Hari Ke-4
Kamis, 16 Mei 2013
Lukas 8
1.       Sebutkan nama-nama perempuan yang melayani Yesus? Apa sajakah yang telah mereka persembahkan kepada Tuhan?
2.       Apakah artinya dari perumpamaan tentang seorang penabur?
3.       Siapa sajakah yang disebut Yesus sebagai Ibu dan Saudara-saudara?
4.       Pelayanan apakah yang dilakukan Yesus di tanah orang Gerasa?
(Bacaan Alkitab Setahun Untuk Hari Ini : Ayub 8-10)

Hari Ke-5
Jumat, 17 Mei 2013
Lukas 9
1.       Bagaimanakah Yesus mengutus kedua belas murid?
2.       Apakah pengakuan Petrus tentang Yesus?
3.       Apakah syarat-syarat mengikut Tuhan?
4.       Apakah yang harus kita lakukan sehingga dapat dikatakan kita menyambut Tuhan dan menjadi yang terbesar?
(Bacaan Alkitab Setahun Untuk Hari Ini : Ayub 11-13)

Hari Ke-6
Sabtu, 18 Mei 2013
Lukas 10
1.       Apakah pesan Yesus saat mengutus tujuh puluh murid?
2.       Bagaimanakah kesaksian tujuh puluh murid setelah pelayanan?
3.       Siapakah yang disebut orang Samaria yang murah hati?
4.       Apakah perbedaan sikap Maria dan Marta ketika Yesus datang ke rumah mereka?
(Bacaan Alkitab Setahun Untuk Hari Ini : Ayub 14-17)

Hari Ke-7
Minggu, 19 Mei 2013
Lukas 11
1.       Apakah isi Doa Bapa Kami?  Hafalkanlah.
2.       Siapakah yang disebut Beelzebul itu?
3.       Apakah penyebab roh jahat bisa datang ke manusia?
4.       Apakah kriteria orang yang disebut Yesus berbahagia?
(Bacaan Alkitab Setahun Untuk Hari Ini : Ayub 18-20)

Tidak ada komentar:

Translate