SHARING SUPPLEMENT
AGUSTUS #1 2013


TUJUH TANDA COOL YANG SEHAT

Kisah Para Rasul 2:42-47
 

            Apa yang menjadi suatu ciri kelompok sel (COOL) yang sehat?  Apa yang dapat kita jadikan sebagai patokan atau parameter bahwa COOL yang kita jalani saat ini adalah komunitas kasih yang sehat?  Seseorang dikatakan sehat apabila ia menunjukkan tanda-tanda yang jelas dan pasti bahwa ia sehat.  Demikian juga dengan COOL.  COOL yang sehat akan membawa kepada kehidupan dan pertumbuhan Gereja yang sehat.  Tanda-tanda kesehatan COOL tentunya haruslah kembali kepada kebenaran Firman TUHAN dan bukan kepada teori-teori manusia yang mungkin kelihatan "benar".  Kisah Para Rasul 2:42-47 memberikan kejelasan kepada kita akan 7 (tujuh) tanda COOL yang sehat:


1.    COOL yang sehat mempelajari, mendalami dan melakukan apa yang diperintahkan TUHAN dalam Alkitab.

            "Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul ..." (Kis 2:42).  Seperti yang pernah diajarkan dalam Diklat Special COOL Modul ABCD, kegiatan pendalaman Alkitab atau bible-study bukanlah satu-satunya kegiatan di dalam COOL, tetapi tetap merupakan aktifitas yang penting untuk dilakukan dan tidak boleh dilupakan. Selain membahas apa yang dikatakan Alkitab, dalam COOL juga dapat membahas apa yang telah disampaikan di Ibadah Raya pada hari Minggu sebelumnya; poin-poin yang mungkin belum dipahami dengan jelas dibahas dan digali lebih dalam lagi dalam COOL.  Pembahasan Alkitab dalam COOL bukanlah satu-arah, melainkan dengan diskusi dan membicarakannya bersama-sama.


2.    COOL yang sehat saling membagikan (share) hidup diantara sesama anggotanya.

            "... dan dalam persekutuan." (Kis 2:42).  Ayat ini dengan jelas menunjuk-kan bahwa yang namanya orang percaya itu senang untuk berkumpul dan bersekutu (fellowship).  Ini artinya mereka serius memandang arti penting persahabatan mereka, karena mereka sadar ketika mereka berkumpul bersama itu bukanlah sekedar pertemuan biasa, tetapi pertemuan dimana TUHAN sendiri hadir diantara mereka.  TUHAN memanggil kita anak-anaknya untuk masuk dalam komunitas keluarga-Nya,  agar kita belajar secara nyata bagaimana membangun hubungan yang ilahi, belajar mempraktekkan kasih sebagaimana yang YESUS lakukan.  Ps.Lawrence Khong dari FCBC-Singapore menyatakan hal ini dengan baik sekali: "We study each other under the authority of the Bible" (kita saling belajar dari satu-sama lain di dalam otoritas kebenaran Alkitab).  Bagaimana kita menjalani hubungan yang baik di dalam COOL haruslah sesuai dengan apa yang TUHAN kehendaki.



3.    COOL yang sehat selalu ingat bahwa TUHAN YESUS-lah sebagai pusat segalanya.

            "... Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa" (Kis 2:42).  Selain bersekutu, setiap COOL bertemu haruslah ingat bahwa pusat dari segala apapun yang berlangsung dalam COOL adalah TUHAN YESUS.  Ayat diatas menunjukkan bahwa setiap kali mereka berkumpul mereka mengingat apa yang TUHAN YESUS lakukan.  Kata "memecahkan roti" merujuk kepada Perjamuan Kudus dan Pengorbanan yang YESUS lakukan. Di dalam pertemuan COOL, ingatlah akan YESUS.  Sangat mudah dalam sharing untuk terbawa dan larut akan kisah-kisah pergumulan dan kesusahan yang terjadi, tetapi ingatlah bahwa TUHAN mempunyai rencana-Nya, TUHAN masih mengendalikan segala sesuatunya dan fokus kita bukanlah kepada persoalan tetapi kepada TUHAN YESUS yang pasti menunjukkan jalan keluar dan percaya kepadaNya.


4.    COOL yang sehat berdoa bersama-sama.

            "... dan berdoa" (Kis 2:42-47).  Senang berdoa adalah ciri seorang anak TUHAN.  Berdoa besama-sama adalah suatu kesukaan bagi anak-anak TUHAN dalam suatu komunitas keluarga ALLAH.  COOL adalah kelompok anak-anak TUHAN yang senang berdoa bersama-sama dan saling mendoakan.  TUHAN menjanjikan bahwa ketika dua-tiga orang anak TUHAN saja bersepakat dalam doa, maka IA akan mengabulkannya (Matius 18:19-20).  Di dalam COOL kita di dorong untuk saling mendoakan, apalagi jika saudara kita mengalami suatu musibah, persoalan, kekecewaan, pergumulan, ketakutan yang rasanya tidak sanggup ia hadapi sendiri.  Saat kita saling mendoakan, kita tidak sedang mengandalkan kekuatan kita, tetapi kita sedang menyandarkan hidup kita kepada kekuatan-Nya yaitu ROH KUDUS-Nya.  Saat kita saling mendoakan, kita sebenarnya sedang memberi kekuatan juga kepada saudara kita bahwa ia tidak bergumul sendirian.

Prayer March
Diskusikanlah bagaimana atau kapan COOL Anda akan melakukan Prayer March berikutnya.  Mintalah hikmat TUHAN akan daerah mana yang perlu Anda doakan dalam Prayer March kali ini.


5.    COOL yang sehat senang untuk membantu (generous).

            "... lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing" (Kis 2:45).  Salah satu kekuatan dari COOL adalah bahwa COOL bergerak dalam hal yang praktikal/nyata.  Bukan hanya mendoakan, tetapi COOL yang sehat akan selalu siap sedia menolong siapapun yang membu-tuhkan pertolongan, apalagi kalau itu salah satu dari anggotanya.  Kekuatan dari COOL adalah bahwa kelompok ini bisa langsung memberi dampak kepada lingkungan atau masyarakat sekelilingnya.  COOL bisa langsung melakukan kunjungan orang sakit, bisa langsung melakukan dapur murah, bisa melakukan pembagian sembako gratis dan sebagainya, sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.  COOL yang sehat bukan hanya senang berdoa, tetapi juga senang bertindak nyata untuk menyebarkan kasih kepada komunitasnya.



6.    COOL yang sehat memuji dan menyembah TUHAN bersama-sama.

            "...dengan gembira dan dan dengan tulus hati, sambil memuji ALLAH. Dan mereka disukai semua orang." (Kis 2:46).  Ketika hati TUHAN disenangkan melalui pujian dan penyembahan kita, hadiratNya menjadi nyata diantara kita dan itulah yang membawa makin banyak jiwa-jiwa datang kepadaNya.  Sekali lagi, ibadah bukanlah satu-satunya kegiatan COOL, tetapi masuk dalam hadiratNya dengan pujian dan penyembahan tetaplah hal yang penting dan tidak boleh tidak dilakukan dalam COOL.


7.    COOL yang sehat bersaksi bagi TUHAN bersama-sama.

            "... Dan tiap-tiap hari TUHAN menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan" (Kis 2:47).  Jumlah orang-orang percaya yang ditambahkan tentu bukan hanya karena kehidupan doa, pujian-penyembahan yang luar biasa dalam COOL, tetapi juga karena COOL secara aktif menjadi saksi bagi TUHAN.  COOL yang sehat mengajak banyak teman untuk datang bergabung, COOL yang sehat selalu menjadi saksi bagi kemuliaan dan kasih TUHAN dimana saja COOL itu berada.  Ada begitu banyak cara bagaimana COOL dapat melakukan tindakan bersaksi secara kontekstual.  Kuncinya adalah kekreatifitas dan tuntunan ROH KUDUS.  COOL yang sehat tentu akan bertumbuh, entahkah itu secara jumlah atau bermultiplikasi -- membentuk COOL-COOL yang baru atau mengutus anggotanya mendirikan COOL baru atau mengutus mereka menjadi pelayan-pelayan jemaat.

Disarikan dari "Marks of a Healthy Small Groups" oleh Rick Warren. (CS)


Hari ini kurasa bahagia berkumpul bersama saudara seiman
TUHAN YESUS tlah satukan kita, tanpa memandang diantara kita
Bergandengan tangan dalam kasih dalam satu hati
Berjalan dalam terang kasih TUHAN
Kau sahabatku, kau saudaraku,
Tiada yang dapat memisahkan kita



Apakah anda memiliki kisah/kesaksian bagaimana TUHAN menggunakan COOL menjadi alat yang luarbiasa bagi kehidupan rohanimu? 
Bagikanlah kepada kami kisah dan kesaksian anda melalui e-mail:
kesaksian.cool@gmail.com

Kisah dan kesaksian anda akan menjadi berkat bagi banyak orang.


Saat Teduh
Hari Ke-1
Senin, 05 Agustus 2013
1 Korintus 10
1.       Dengan cara bagaimanakah umat Israel mengalami baptisan untuk menjadi pengikut Musa?
2.       Tindakan apa sajakah yang dilakukan oleh umat Israel untuk mencobai Tuhan?
3.       Apakah maknanya bahwa pencobaan-pencobaan yang kita alami adalah pencobaan-pencobaan biasa?
4.       Tindakan apakah yang menjadi peringatan bagi kita untuk tidak melakukan tindakan jahat yang pernah dilakukan oleh Israel?
(Bacaan Alkitab Setahun Untuk Hari Ini : Yesaya 28-30)

Hari Ke-2
Selasa, 06 Agustus 2013
1 Korintus 11
1.       Siapakah yang menyinarkan gambaran dan kemuliaan Allah?
2.       Kebiasaan-kebiasaan salah yang bagaimanakah yang seharusnya tidak ada dalam setiap fellowship kita?
3.       Apakah yang harus kita perhatikan waktu kita akan mengadakan sakramen perjamuan kudus?
(Bacaan Alkitab Setahun Untuk Hari Ini : Yesaya 31-33)

Hari Ke-3
Rabu, 07 Agustus 2013
1 Korintus 12
1.       Sebutkan karunia-karunia Roh Kudus?
2.       Sebutkan jawatan yang ditetapkan Tuhan dalam pelayanan?
3.       Karunia apakah yang sudah Anda miliki?
4.       Bagaimanakah caranya supaya kita mendapatkan karunia dari Tuhan?
(Bacaan Alkitab Setahun Untuk Hari Ini : Yesaya 34-36)

Hari Ke-4
Kamis, 08 Agustus 2013
1 Korintus 13
1.       Apakah itu kasih?
2.       Mengapa kasih itu sangat penting untuk kita miliki?
3.       Apakah perbedaan kasih dengan bahasa roh, nubuat dan pengetahuan?
4.       Sudahkan Anda memiliki kasih dengan berlimpah-limpah dalam hidup Anda? Bagian manakah yang belum maksimal dalam hidup Anda?
(Bacaan Alkitab Setahun Untuk Hari Ini : Yesaya 37-39)

Hari Ke-5
Jumat, 09 Agustus 2013
1 Korintus 14
1.       Apakah perbedaan antara bahasa roh dengan bernubuat?
2.       Mengapa begitu pentingnya untuk kita berbahasa roh?
3.       Apakah yang Tuhan ajarkan tentang manifestasi karunia Roh Kudus dalam pertemuan jemaat?
(Bacaan Alkitab Setahun Untuk Hari Ini : Yesaya 40-42)

Hari Ke-6
Sabtu, 10 Agustus 2013
1 Korintus 15
1.       Apakah yang dimaksud dengan kebangkitan Kristus?
2.       Bagaimanakah tubuh kita akan mengalami kebangkitan?
3.       Apakah perbedaan antara tubuh surgawi dengan tubuh duniawi?
(Bacaan Alkitab Setahun Untuk Hari Ini : Yesaya 43-45)

Hari Ke-7
Minggu, 11 Agustus 2014
1 Korintus 16
1.       Bagaimanakah pengelolaan keuangan yang diajarkan dalam 1 Korintus 16?
2.       Bagaimanakah seharusnya seorang laki-laki memiliki sikap dalam kehidupan ini?
3.       Bagaimankah seharusnya sikap kita terhadap orang-orang percaya  dan telah mengabdikan diri dalam pelayanan?
(Bacaan Alkitab Setahun Untuk Hari Ini : Yesaya 46-48)

Tidak ada komentar:

Translate